Warga Minta Fly Over Angkatan 66 Dapat Dibangun

107

Palembang, Buananews.com – Masyarakat pengguna jalan berharap di simpang Jalan Angkatan 66 Sekip dapat segera dibangun fly over. Sebab itensitas kendaraan di simpang tersebut sangat tinggi.

Kabarnya, pembangunan fly over di simpang jalan tersebut sudah dianggarkan oleh pemerintah pusat sejak tahun 2018 lalu. Namun, pembangunan tidak segera berlangsung disebabkan oleh belum dilakukan pembebasan lahan oleh Pemkot Palembang.

Iwan Darmawan, mantan Ketua DPRD Kota Palembang, membenarkan bahwa pusat sudah menganggarkan dana pembangunan fly over Angkatan 66 tersebut. Namun terkendala pembebasan lahan. Dia berharap agar tahun 2020 Pemkot sudah menganggarkan dana pembebasan lahan.

Ivan Babe, pemilik Pempek Babe, dekat simpang Angkatan 66, mengatakan lahan di depan warung pempeknya sudah pernah diukur oleh pihak Pemkot. Dia mengatakan depan tokonyo termasuk lahan yang terkena proyek fly over.

“Namun kapan dibangun kami belum tahu,” kata Ivan.

Dianggarkan

Dalam pada itu Pemda Sumsel merencanakan sejumlah proyek strategis dan infrastruktur tahun ini. Mulai jalan, jembatan, fly over hingga kolam retensi. Pembangunan baik yang dibiaya APBN, APBD atau pinjaman dari bank.

Melihat daftar pembangunan, Fly Over termasuk yang akan dilaksanakan pembangunannya di Palembang.

Sekretaris Kota Palembang Ratu Dewa menyatakan semua semua rencana sudah tertuang dalam RPJMD yang telah disusun. Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, A Bastari Yusak mengatakan ada beberapa pembangunan dan usulan yang akan dilakukan.

Utamanya untuk pengentasan banjir, perbaikan/pelebaran jalan, penuntasan  pembebasan lahan untuk  pembangunan proyek seperti fly over/underpass dan lainnya.

Untuk mengatasi banjir ada tiga kolam retensi yang akan dibangun yaitu di Alang Alang Lebar, Kalidoni, dan Kancil Putih. (*)