Tidak Memenuhi Syarat, 33 Bacaleg Asal OKU Dipastikan Gugur

5
Ketua KPU OKU Naning Wijaya. (doc)

BATURAJA, Fornews.co – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ulu (OKU) memastikan sebanyak 33 bakal calon legislatif (bacaleg) dari 477 orang yang didaftarkan 16 partai politik (parpol), gugur lantaran tidak memenuhi syarat.

Menurut Ketua KPU OKU, Naning Wijaya ST, didampingi Anggota Devisi Program dan Data, Erwin Suharja SH, pihaknya sudah merampungkan penelitian berkas perbaikan bacaleg dari OKU.

“Dari jumlah total bacaleg OKU sebanyak 477 orang yang didaftarkan oleh 16 Parpol yang ada, terdapat 33 orang bacaleg tidak memenuhi syarat (TMS). Dengan demikian, bisa pastikan akan gugur. Sisanya sebanyak 444 bacaleg dinyatakan Memenuhi Syarat (MS),” ujarnya, saat dibincangi di kantor KPU OKU, Rabu (08/08).

Saat ini, jelasnya, KPU sedang melakukan penyusunan sebelum mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) yang dijadwal akan diumumkan pada 12 Agustus 2018 mendatang.

“Penyebab TMS itu ya macam-macam, namun yang pasti berkas pendaftaran tidak lengkap. Bahkan ada juga bacaleg yang tidak menyerahkan berkas perbaikan pendaftaran, sampai waktu yang telah ditetapkan oleh KPU,” jelasnya.

Naning melanjutkan, pengumuman DCS bacaleg ini akan dilakukan mulai 12 Agustus dan diumumkan selama tiga hari. Selain itu, pihak KPU OKU mengimbau masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap daftar calon sementara atau Bacaleg yang diumumkan. “Masa waktu tanggapan atau masukan masyarakat mulai diumumkan pada 12 Agustus sampai 10 hari ke depan setelah di umumkan,” ujarnya.

Dalam memberikan tanggapan, masukan, tambahnya, masyarakat juga diharapkan memberikan identitas lengkap, dengan melampirkan foto copi kartu tanda penduduk (KTP). Selain itu juga harus melengkapi bukti-bukti. “Identitas pelapor akan kami jaga dan kami rahasiakan. Laporan harus sesuai dengan prosedur dan dilengkapi dengan bukti-bukti serta identitas pelapor,” tandasnya.(tul)