Sub MPC & IBC Bikin Awak Media Betah Jalankan Tugas  

4
Direktur IT, Broadcast & Sosmed Panitia Daerah Asian Games 2018, Inanda Karina memberikan penjelasan seputar kesiapan ruang IBC pada Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar dan Sekda Kota Palembang Harobin Mastofa, Rabu (08/08). (fornews.co/iwan setiawan)

PALEMBANG, fornews.co – Tidak hanya layanan prima bagi atlet dan ofisial peserta Asian Games 2018, namun panitia daerah di Palembang juga berupaya maksimal dalam memberikan dukungan terhadap para awak media baik internasional, nasional dan lokal yang meliput Asian Games di Kota Pempek.

Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan, standar fasilitas dan layanan Sub MPC dan IBC di Palembang akan dibuat memenuhi standar internasional. Sehingga wartawan lokal dan nasional pun bisa merasakan berbagai kemudahan dalam menjalankan tugas.

“Kami tidak melihat (Sub MPC & IBC) ini akan digunakan oleh wartawan lokal atau luar negeri. Kalau standar internasional yang dipakai tentu bisa memenuhi standar lokal. Jangan dibalik. Sebab standar lokal belum tentu bisa memenuhi kebutuhan (media) luar negeri. Pastinya standar maksimal yang diperintahkan oleh OCA akan kita penuhi disini,” ujar Nasrun didampingi Sekda Kota Palembang Harobin Mastofa saat melakukan inspeksi ke gedung Sriwijaya Promotion Center yang dijadikan Sub MPC & IBC Asian Games 2018, Rabu (08/08).

Menurut Nasrun, koordinasi dan kerja sama dengan Pemkot Palembang dalam mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana penunjang Asian Games 2018 berjalan baik. Tidak hanya itu, berbagai instansi di luar pemerintah pun sangat antusias turun tangan menyukseskan event ini.  

“Telkom, PLN, PDAM Tirta Musi sudah siap dan dukungannya sangat luar biasa. Kalau yang di bawah kita seperti OPD pastinya sudah siap,” kata Nasrun.

Adapun persoalan yang dihadapi gedung SPC ini, lanjut Nasrun, adalah instalasi kelistrikan di dalam gedung. Namun hal itu sudah teratasi dengan kesediaan PLN mensupervisi teknisi yang disiapkan. Bahkan dari PLN Palembang menurunkan 6 orang dengan 3 shift per hari untuk berjaga di gedung SPC untuk mengatasi jika terjadi kendala pada kelistrikan.

“Listrik disini (Sub MPC & IBC) tidak boleh padam. Karena kalau listrik terganggu rekan-rekan wartawan tidak bisa atau terlambat mengirim berita atau mencari data seputar pertandingan. Hal itu pastinya mengganggu ritme kerja,” tutur Nasrun.

Sementara itu, Direktur IT, Broadcast & Sosmed Panitia Daerah Asian Games 2018, Inanda Karina menambahkan, Sub MPC & IBC Asian Games 2018 bisa menampung sekitar 800 sampai 1.000 wartawan secara bersamaan baik dari media internasional, nasional maupun lokal. Menurut Nanda, seluruh aktivitas awak media akan terpusat di Sub MPC ini dan pihaknya berusaha agar seluruh fasilitas utama dan pendukung siap untuk mendukung tugas dari awak media.

“Soal listrik menjadi prioritas karena banyak sekali peralatan elektronik yang digunakan awak media seperti televisi, komputer, printer dan alat-alat pendukung lainnya seperti genset, UPS, AC, pompa air dan lainnya. Semua itu membutuhkan tenaga listrik yang disuplai dua penyulang dari PLN dan diharapkan tidak terjadi pemadaman listrik,” kata Nanda.

Nanda yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel ini mengatakan, internet merupakan hal yang tidak kalah penting menunjang kerja awak media dalam mencari informasi, membuat berita dan mengirimkannya ke media masing-masing.

“Kita menyediakan 50 Access Point (AP) di Sub MPC & IBC. Insya Allah tidak ada kendala dari sisi penyediaan internet baik dalam proses mengunduh maupun mengunggah,” kata Nanda.

Sementara fasilitas pendukung lainnya adalah ketersediaan air dan kebersihan juga menjadi perhatian kita sebab awak media beraktivitas disini sampai malam. Selain menyediakan konsumsi juga ada beberapa unit kursi relaksasi.

“Intinya Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang menyiapkan gedung SPC ini dengan berbagai fasilitas pendukung untuk memberikan layanan prima bagi awak media yang bertugas di Palembang,” kata Nanda. (ije)