Sesmenpora : Kehadiran Egy di Gdansk Positif

75

Jakarta, Buananewsw.com – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto menyatakan Presiden Lechia Gdansk, Adam Mandziara memberikan penilaian positif terkait keberadaan Egy Maulana Vikri di timnya.

Gatot mengaku bertemu Mandziara secara dadakan atas undangan dari pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri di sebuah hotel di Jakarta pada Selasa (6/8). Dalam pertemuan tersebut, Gatot mengaku banyak hal positif yang diutarakan Mandziara soal Egy.

“Banyak hal positif. Poin yang di sisi kami jadi penting itu, saya sempat menantang dia [Mandziara] untuk mengungkapkan tentang plus minus dari Egy. Presiden Lechia Gdansk menyampaikan bahwa dia [Egy] cepat sekali adaptasi di sana, aspek bahasa juga tidak ada kendala,” kata Gatot.

“Kalau pelatih pakai bahasa Polandia, dia mengerti. Dia bilang Egy tidak ada sisi negatif.”

Egy Maulana Vikri sedang menjalani karier di Lechia Gdansk. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

 

Gatot melanjutkan bahwa Mandziara menyarankan agar Indonesia melakukan peningkatan pembinaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar atau pembinaan usia dini.

“Selama ini PPLP itu di tingkat SMA, dia [Mandziara] menyarankan kalau bisa ada di tingkat SMP supaya tidak terlalu terlambat untuk berkembang di klub manapun di Eropa. Poinnya, pendidikan semakin muda itu karakter dan standar penguasaan bola serta pembinaan lebih mudah dibentuk,” ucap Gatot.

“Kedua, dia [Mandziara] mengharapkan ada model lain seperti Egy. Ketiga, dia yakin Indonesia punya peluang untuk berkembang lebih baik,” ucapnya melanjutkan.

Egy lebih banyak tampil di tim kedua Lechia Gdansk pada musim pertamanya. Dari data Transfermarkt, ia hanya tampil sebanyak dua kali dan bermain selama 10 menit.

Sementara itu, di awal musim ini Egy sudah lebih dipercaya oleh pelatih Piotr Stokowiec dengan tampil di ajang Piala Super Polandia dan Ekstraklasa. Dari dua kali penampilan Egy mencatat menit bermain sebanyak 45 menit. (cnnindonesia.com)