Peringati Maulid Nabi shallallahu allaihi wasallam, Ust. Donny: Umat Islam Harus Tetap Menjadi Perekat Persatuan

44

Ustadz H. Donny Meilano, SH. I., M. Sy. Saat menyampaikan  ceramah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam di Muara Enim kemarin malam (9/11/2019) (Buananewa.com)

 

Muara Enim – Buananews.com – Dewan Kemakmuran Masjid Al Falah Kabupaten Muara Enim, menggelar acara peringatan maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Tahun 1441 H pada Sabtu (9/11/2019) kemarin malam. Dalam acara tersebut hadir para lurah, tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur dari bhabinsa, unsur kepolisian, dan para jamaah Masjid Al Falah.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tahun ini, Masjid Al Falah mendatangkan salah satu ustadz kondang MASPUROH dari Palembang, yaitu Ustadz H. Donny Meilano, SH. I., M. Sy. Mubaligh yang juga Ketua Masika ICMI Kota Palembang itu, menyampaikan kepada jamaah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam merupakan uswahtun hasanah yang harus diteladani oleh ummatnya dalam setiap aspek kehidupan.

“Sebagai ummat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, hendaknya (kita) memahami betul akhlak Rasulullah itu, mulai dari aktivitas sehari-hari, berkeluarga, bertetangga, bahkan dalam (kehidupan) bernegara. Sebab semua itu diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam”. Ucapnya.

Ummat Nabi Muhammad, merupakan ummat terbaik yang Allah SWT ciptakan. Oleh karena ummat terbaik, maka nabinya pun nabi terbaik tentunya. Meskipun saat ini Islam terus menerus mendapat hantaman dari luar, stigma negatif terhadap Islam, terhadap ajaran-ajaran Islam, dan simbol-simbol Islam lainnya. Padahal agama mayoritas di Indonesia ini, merupakan agama yang rahmatan lil alamin. Namun demikian, Ustadz Donny menyampaikan ummat Islam harus berbesar hati dan tetap menjadi perekat persatuan ummat.

“Maka berbangga dan berbesar hatilah di tengah-tengah Islam dikerdilkan, sebab ajaran Nabi Muhammad SAW sangat detail. Maka Islam diajarkan memberikan yang terbaik dan menjadi perekat umat”. Lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Ustadz Donny memberi pesan khusus kepada generasi muda para milenials. Menurutnya, anak muda haru sehat badannya, cerdas akalnya, dan kuat fisiknya. Rasulullah semasa hidup sangat senang dengan memanah, berenang, dan berkuda. Artinya anak muda harus sehat dan harus punya semangat yang kuat dalam berdakwah.

“Dan tentunya Rasulullah di usia 25 tahun sudah menjadi pengusaha yang jujur dan baik. Harta yang ia miliki semata-mata untuk dakwah di jalan Allah SWT, sebab kehidupan ini sementara dan yang hakiki adalah (kehidupan) akhirat”. Pungkas Dosen UIN Raden Fatah tersebut. (ding)