Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, UMKM Diupayakan Masuk Kawasan JSC

13

PALEMBANG, fornews.co – PT Jakabaring Sport City terus mengupayakan agar pelaku UMKM mendapatkan akses di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) selama games time Asian Games 2018. Bukan hanya pedagang makanan dan minuman, UMKM yang juga diharapkan bisa masuk adalah para penjual souvenir dan oleh-oleh khas Palembang.

“Untuk sementara memang pedagang yang biasa berjualan di dalam kawasan JSC tidak boleh di dalam. Namun kami sebagai pengelola JSC terus berusaha untuk memberikan space bagi UMKM. Sebab kami percaya bahwa salah satu sukses yang hendak dicapai dengan adanya event besar seperti ini adalah pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Oleh karenanya, untuk membahas mengenai para pedagang dari UMKM ini besok siang kami akan rapat bersama Biro Perekonomian Pemprov Sumsel,” ujar Sekretaris Perusahaan PT JSC Mirza Zulkarnain Mursalin, Kamis (09/08).

Menurut Mirza, meski nantinya diizinkan berjualan, namun para pedagang tetap harus mematuhi protokol OCA dan INASGOC yang salah satunya hanya diperbolehkan menjual produk sponsor. Selain itu para pedagang juga harus menjaga keamanan dan kenyamanan atlet, ofisial dan pengunjung.

“PKL JSC yang aktif sebanyak 100 dari yang terdaftar di kita 151. Tapi nanti akan kita undang sesuai space yang tersedia sesuai hasil rapat. Jika bisa semuanya ya semuanya kita tampung, tapi kalau terbatas ya mungkin cara menentukannya diundi,” kata Mirza.

Lebih lanjut Mirza menambahkan, lokasi pedagang telah disiapkan di depan rumah ibadah bersama JSC. Di titik itu, kata Mirza, telah disiapkan tenda yang tadinya akan dipergunakan untuk pameran teknologi hidrogen car. Namun karena tidak jadi dilaksanakan, maka bisa dimanfaatkan untuk para pedagang. (ije)