Menyongsong Palembang Emas Darussalam, JPRMI Kota Palembang Adakan Rembug

182

Jajaran Pengurus dan anggota JPRMI Kota Palembang dalam acara rembug remaja masjid di co-working space GRAPARI Telkomsel Palembang. (Buananews.com)

 

Palembang – Buananews.com – Palembang Emas Darusalam 2023, merupakan visi pemerintahan Walikota Palembang H. Harnojoyo dan Wakilnya, Fitriyanti Agustinda. Salah satu misi dari Palembang Emas Darusalam 2023 adalah mewujudkan masyarakat yang religius, berbudaya, dan beretika. Sebagai bagian dari kontribusi dan peran aktif remaja, dalam merealisasikan visi dan misi pemerintah Kota Palembang tersebut, Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) PD Kota Palembang mengadakan Rembug Remaja Masjid pada Sabtu (9/11/2019).

Kegiatan dengan tema “Menjadikan Masjid Sebagai Centre of Activity Menuju Palembang Emas Darusalam itu, dihadiri oleh Pengurus JPRMI Kota Palembang dan beberapa pengurus Ikatan Remaja Masjid (IRMA) se-Kota Palembang.

Selain menjadi wadah silaturahim Ikatan Remaja Masjid, JPRMI Kota Palembang hadir sebagai wadah sharing, bertukar ide, dan berbagi informasi bagi para pemuda dan remaja di Kota Palembang, hal tersebut disampaikan Ketua Umum JPRMI Kota Palembang Hendro, S. Sy. dalam sambutannya.

“Maka sharing ide, dan silaturahim ini harus dijaga, sehingga organisasi IRMA yang sudah tumbuh dan sukses dapat ditularkan kepada IRMA yang sedang berproses untuk tumbuh”. Ujarnya.

Sementara menurut Febriansyah, SH., ada beberapa masalah yang sedang dihadapi oleh sebagian IRMA di Kota Palembang. Kurangnya komunikasi antara IRMA dan Pengurus Masjid merupakan masalah utama, sehingga belum bisa bersinergi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

“Sehingga harapan dari hadirnya JPRMI, dapat menjadi partner serta wadah berkumpulnya IRMA untuk bertukar ide dan gagasan sehingga dapat menciptakan agenda masjid yang lebih kreatif dan menarik”. Ujar Sekretaris Umum JPRMI Palembang itu.

Febri berharap yang dibangun dan dimegahkan bukan hanya masjidnya, tapi SDM dan agenda-agendanya yang menarik perlu dibangun. Karena masjid harus dijadikan sebagai pusat aktifitas anak muda terutama IRMA yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sehingga dengan pembangunan SDM Masjid yang baik, dan diisi dengan agenda-agenda kreatifitas IRMA ini, dapat menunjukkan bahwa Masjid, Islam dan simbol keagamaan lainnya tidak dapat diidentikkan dengan radikalisme dan intoleransi” Lanjutnya.

Dalam acara yang digelar di Co-Working Space GRAPARI Telkomsel Palembang itu, Siti Qori’ah, SH. menyampaikan bahwa muslimah IRMA harus menjadi role model dan contoh bagi muslimah yang lain. “Kita harapkan dapat mengelola aktifitas muslimah, berperan aktif dalam pembangunan, dan dapat bersaing baik dalam aspek keilmuan maupun aspek lain yang bernilai positif” Kata Koordinator KORMA JPRMI itu.

Septo Hadi yang merupakan Ketua ACMY menyampaikan, pentingnya bersinergi antara IRMA yang satu dengan yang lainnya supaya berhasil dalam pengelolaan organisasi, “Maka jika sudah sama-sama sukses, nanti juga kita akan meminta pandangan serta penyampaian pengalaman untuk membangun ACMY ke depan”. Pungkasnya. (Ding)