Longsor di Pakistan, 77 Tewas dan 94 Terluka

33

Jakarta, Buananews.com – Longsor yang terjadi di Pakistan utara menewaskan 77 orang dan sekitar 94 menderita luka-luka. Longsoran dipicu setelah turun salju lebat di Lembah Neelum, Pakistan.

Menteri negara bagian manajemen dan rehabilitasi bencana, Ahmad Raza Qadri mengatakan longsoran salju juga mengubur puluhan rumah hingga menewaskan orang-orang di dalamnya.

Korban tewas diperkirakan akan terus bertambah karena masih banyak warga yang terjebak di tengah longsoran salju.

Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan mengatakan pihaknya telah mengerahkan badan bencana nasional, militer, dan menteri federal untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga yang terkena musibah.

Korban luka-luka dibawa menggunakan helikopter militer ke Muzaffarabad untuk mendapat perawatan. Helikopter juga dikerahkan untuk mengangkut bantuan pasokan makanan dan obat-obat untuk daerah yang akses jalannya terputus.

Dilansir CNN, longsor akibat salju kali ini tercatat sebagai yang terparah dalam 20 tahun terakhir.

Selain menewaskan warga, akses jalan juga terputus karena tertutup salju. Pasokan listrik dan layanan komunikasi juga turut mengalami gangguan.

Badan Manajemen Bencana Provinsi Balochistan, Imran Zarkoon mengatakan salju yang turun di wilayahnya dalam waktu dua hari berturut-turut memicu longsoran. Tercatat 16 orang tewas akibat insiden tersebut.

Dalam beberapa terakhir, Pakistan tengah dihadapi cuaca buruh hingga memicu longsor dan banjir selama musim dingin. Tanah longsor yang kerap terjadi saat musim dingin membuat akses jalan terhalang hingga warga terisolir.

Cuaca buruk diperkirakan masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan di Pakistan. (cnnindonesia.com)