Hampir 2,5 Juta Orang Melempar Jumroh di Mina

66

Mina, Buananews.com – Hampir 2,5 juta jemaah haji hari Minggu (11/8) beralih ke Mina untuk melempar jumroh. Jemaah berjalan melintasi Lembah Mina dekat Mekah di Arab Saudi bagian barat kemudian melempar batu ke masing-masing tiga pilar yang melambangkan setan.

Ini adalah ibadah haji pertama bagi Jaker Akjar, jemaah asal India. “Panas sekali, saya banyak minum dan berpayung,” ujar laki-laki usia 48 tahun itu seusai melempar jumrah.

Setelah wukuf di Arafah dan mabid di Muzdalifah, jemaah haji pergi ke Mina, untuk melempar jumrah, di mana mereka melempar tujuh batu kerikil ke masing-masing dari tiga pilar yang melambangkan setan pada hari pertama Idul Adha.

Pada tahun 2015, lebih dari 2.300 jemaah tewas terhimpit di Mina.

Sejak itu, pihak berwenang Arab Saudi meningkatkan langkah-langkah keselamatan dan keamanan.

Puluhan ribu pasukan keamanan, termasuk polisi dan pertahanan sipil, dikerahkan untuk pengamanan ibadah haji, menurut otoritas Arab Saudi.

Ambulans dikerahkan dan kamera memantau pergerakan jemaah, sementara helikopter terus-menerus terbang di atas lembah yang sarat tenda putih dan hanya hidup setahun sekali selama haji.

Kipas-kipas besar terus menyemprotkan air ke massa jemaah.

Kepada wartawan, menteri yang bertanggung jawab untuk ibadah haji, Mohammed Salah Bintan mengatakan, pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan banyak uang untuk meningkatkan infrastruktur yang digunakan jemaah.

Ia mengatakan, proyek-proyek besar telah dilakukan tahun lalu, termasuk pembuatan jalur kereta, untuk mengangkut jemaah dan bahwa pemerintah berencana membelanjakan 26 juta dolar pada masa depan sebagai bagian dari visi Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk program infrastruktur tahun 2030.

Raja Arab Saudi Salman datang ke Mina hari Sabtu dan tampak di televisi pemerintah sedang mengamati jemaah dari jendela gedung tinggi.

“Kami berdoa kepada Allah SWT agar menerima ibadah mereka,” tulis Raja Salman di Twitter hari Minggu, yang menandai Idul Adha.

Setelah tawaf dan sa’i di Masjidil Haram di Mekah, jemaah akan kembali ke Mina untuk melanjutkan melempar jumrah pada hari kedua dan ketiga sebelum kembali ke Mekah untuk tawaf perpisahan dan pulang. (voaindonesia.com)