Gugatan Dodi – Giri Ditolak MK, KPU Tetapkan Gubernur Sumsel Terpilih Dalam Tiga Hari

7
Ketua KPU Sumsel Aspahani. (fornews.co/iwan setiawan)

PALEMBANG, fornews.co – Mahkamah Konstitusi memutuskan gugatan yang diajukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Dodi Reza Alex – Giri Ramanda Kiemas tidak dapat diterima pada sidang yang berlangsung di Jakarta, Kamis (09/08).

Pada Kamis (09/08) pukul 15.14 WIB, majelis hakim yang terdiri dari sembilan Hakim Konstitusi yaitu Anwar Usman selaku Ketua merangkap Anggota, Aswanto, Saldi Isra, Manahan M.P Sitompul, Arief Hidayat, I Dewa Gede Palguna, Maria Farida Indrati, Suhartoyo, dan Wahiduddin Adams, selesai membacakan putusan perkara nomor 34/PHP.GUB-XVI/2018 dengan pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur SUMATRA SELATAN Tahun 2018 pada Sidang Pleno Mahkamah Konstitusi terbuka untuk umum.

Menyikapi hal ini, Komisi Pemilihan Umum Sumatra Selatan segera menyiapkan acara penetapan Herman Deru – Mawardi Yahya sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih Sumatra Selatan periode 2018/2023.

“Kita bersyukur karena baik eksepsi maupun jawaban termohon diterima majelis hakim sehingga kewajiban bagi KPU Sumsel menetapkan Paslon terpilih paling lambat 3 hari setelah putusan MK RI ini dibacakan,” ujar Ketua KPU Sumsel Aspahani kepada wartawan, Kamis (09/08) sore.

Menurut Aspahani, pihaknya akan melakukan persiapan untuk menggelar rapat pleno KPU penetapan gubernur dan wakil gubernur. “Insya Allah kalau tidak Sabtu (11/08), ya hari Minggu (12/08) kita siapkan penetapannya,” tutur Aspahani. (ije)