PPDB Online SMP di Kabupaten Bekasi Sempat Terkendala di Hari Pertama, Ribuan Pendaftar Telah Sukses Mendaftar

Bekasi – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP di Kabupaten Bekasi untuk Tahun Ajaran 2024/2025 sempat mengalami kendala di hari pertama, Rabu (12/6/2024).

Hal ini diakibatkan oleh membludaknya jumlah orang tua calon peserta didik baru (CPDB) yang mendaftarkan anaknya secara bersamaan.

Menurut Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Bekasi, Bahrul Ulum, lonjakan pendaftar terjadi pada siang hari, tepatnya antara pukul 14.00 hingga 15.00 WIB.

Hal ini menyebabkan sistem sempat mengalami “down” dan beberapa orang tua CPDB mengalami kesulitan untuk mengakses layanan PPDB online.

Meskipun sempat terjadi kendala, Bahrul memastikan bahwa masih ada banyak pendaftar yang berhasil mendaftarkan anaknya. Data menunjukkan bahwa hingga pukul 15.00 WIB, sudah ada 15.420 orang tua CPDB yang mendaftar, setara dengan 40% dari total lulusan SD/MI di Kabupaten Bekasi tahun ini.

Pihak Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Bekasi terus memantau kelancaran layanan PPDB online dan melakukan upaya untuk mengoptimalkan sistem.

”Kami mohon maaf atas kendala yang terjadi di hari pertama ini. Ini menjadi evaluasi bagi kami untuk meningkatkan kualitas layanan pada hari-hari berikutnya,” ujar Bahrul.

Salah satu orang tua CPDB, Subhan Arrasyid, mengaku sempat mengalami kesulitan untuk mendaftarkan anaknya di pagi hari. Namun, setelah beberapa kali mencoba, ia akhirnya berhasil mendaftarkan anaknya.

“Tadi pagi sempat error, tapi pas dicoba lagi sore hari akhirnya bisa,” ujarnya.

PPDB online tingkat SMP di Kabupaten Bekasi akan berlangsung hingga 6 Juli 2024. Pendaftaran dibagi menjadi beberapa jalur, yaitu:

  • Jalur Zonasi: 12 – 14 Juni 2024
  • Jalur Afirmasi: 19 – 20 Juni 2024
  • Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua (PTOT): 24 – 25 Juni 2024
  • Jalur Prestasi: 28 – 29 Juni 2024
  • Jalur Penyaluran Sisa Kuota: 5 – 6 Juli 2024

Pendaftaran PPDB online dilakukan melalui aplikasi Bekasi Nyambung Bae (“Bebunge”) yang dapat diunduh di IOS dan Android. Pendaftar dapat mengakses informasi lebih lanjut tentang PPDB online di website resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *