Jepang Raih Gelar Juara Piala Asia U-23 2024 dalam Laga Final yang Sengit

Qatar – Jepang merayakan kemenangan gemilang setelah mengalahkan Uzbekistan dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan final Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, pada Sabtu (4/5/24) dini hari waktu Indonesia.

Pertandingan dimulai dengan ancaman dari pihak Uzbekistan, dengan bomber andalan mereka, Husain Norchaev, melepaskan tembakan berbahaya pada menit kedelapan, namun belum berhasil membobol gawang Jepang. Uzbekistan terus mendominasi permainan hingga pertengahan babak pertama, tetapi Jepang juga memberi tekanan yang cukup kuat.

Babak kedua dimulai dengan Jepang tampil lebih agresif, menciptakan sejumlah peluang yang mengancam pertahanan Uzbekistan. Namun, drama terjadi pada menit pertama injury time, ketika pemain pengganti Jepang, Fuki Yamada, mencetak gol tunggal yang mengubah keadaan. Gol tersebut tercipta melalui tendangan kaki kirinya yang melesat ke pojok kanan gawang lawan, setelah mendapatkan umpan dari Ryotaro Araki.

Uzbekistan tidak menyerah begitu saja dan mencoba keras untuk menyamakan kedudukan. Mereka mendapatkan peluang emas melalui tendangan penalti pada menit ke-90+7′, tetapi upaya Umarali Rahmonaliyev gagal dikonversi menjadi gol setelah tendangannya berhasil ditepis oleh kiper Jepang, Leo Kokubo.

Dengan kemenangan ini, Jepang berhasil meraih gelar juara Piala Asia U-23 untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya meraih gelar yang sama pada tahun 2016. Ini merupakan momen bersejarah bagi timnas Jepang, yang menambahkan prestasi gemilang di kancah sepakbola Asia. (Jefri Candra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *