Belajar Desain Vintage Style dan Retro

Untuk pemilihan jenis font, desain ini sudah pasti menggunakan font minimalis dan vintage

Bekasi – Salah satu tren desain grafis yang masih populer dan banyak penggemarnya pada 2023 adalah penggunaan tema vintage. Gaya desain minimalis tampaknya akan terus berlanjut menjadi sebuah tren sampai tahun depan. Namun, tren ini akan diiringi dengan perpaduan konsep vintage atau retro.

Desain minimal vintage ini biasanya memiliki ciri khas palet warna tertentu. Misalnya, hitam, putih, cokelat seperti packaging kopi kekinian, merah ke oranye, kemudian grayscale, atau abu-abu ke hitam.

Untuk pemilihan jenis font, desain ini sudah pasti menggunakan font minimalis dan vintageSans SerifCooper, atau Myers Typeface, dan sebagainya. Font vintage bisa diunduh secara gratis di internet, antara lain, di dafont.com1001font.com dan masih banyak web-web penyedia font gratis bagi sobat desain semua.

Nah, kali ini kita belajar bersama membuat tulisan dengan vintage style. Menggunakan adobe illustrator. Ayo ikuti langkah sederhana berikut ini.

Langkah Pertama

Siapkan palet warna yang akan sobat gunakan dalam desain vintage. Gunakan warna-warna retro era 80-an. Padu padan merah, oranye, abu-abu, dan krem. Susun palet warna sobat di atas lembar kerja.

Langkah Kedua

Buat tulisan. Kali ini saya membuat tulisan atau kata Main Desain, dengan jenis font Cinderela Personal Use Regular. Kertas kerja yang saya gunakan berukuran A4. Dengan background putih. Tulisan yang sobat buat bisa di atas palet warna oranye, dengan warna font krem. Biar kesan vintage-nya terasa.

Langkah Ketiga

Gunakan fungsi appearance. Fungsi ini bisa sobat cari di bilah Windows-Appearance. Untuk memberikan efek warna bertumpuk atau berlayer, tanpa harus mengubah font ke expand. Keuntungannya, setelah selesai memberikan efek, sobat masih bisa mengedit tulisan dengan kata yang lain. Dan, secara otomatis efek layer warna masih melekat.

Langkah Keempat

Setelah panel appearance ada, aktifkan tulisan Main Desain. Kemudian, ubah fill color-nya menjadi none, atau tanpa warna. Beralih ke panel appearance, ubah fill color-nya menjadi krem. Kemudian, copy fill yang berisi warna krem pada panel appearance. Caranya, klik new (ikon kertas) di bawah kanan. Nah, langkah ini untuk menggandakan warna dan mengubah warna layer pada tulisan.

Langkah Kelima

Setelah copy fill selesai, ubah fill kedua dengan warna sesuai urutan palet warna yang sudah sobat buat di awal tadi. Berikan efek transform (lihat gambar). Ubah poin move ke 1 mm, dan copies 1.

Mengapa harus 1, nanti fill berikutnya, lipat gandakan copies menjadi 2, kemuadian 3, 4, 5 dan seterusnya. Maka, efek layer akan terbentuk.

Langkah Keenam

Ulangi langkah kelima. Dan, gandakan transform effect ke angka kelipatan dari 1, ke, 2, 3, 4 dan seterusnya sesuai jumlah palet warna yang sudah sobat buat diawal tadi.

Nah, kalau langkah yang sudah sobat ikuti benar, tulisan akan menjadi keren, dengan vintage style berpadu dengan warna retro era 80-an. Tentu sobat desain bisa membuat yang jauh lebih baik.

(Jefri Candra)