Siklus Menstruasi Pendek? Ketahui Penyebabnya di Sini!

LIFESTYLE173 views

Bekasi – Bukan hanya menstruasi yang tidak teratur, perempuan juga kerap kali dihadapkan oleh masalah lain saat tengah menstruasi, yaitu siklus menstruasi yang pendek. Salah satu penyebab pendeknya siklus menstruasi yang pendek ini adalah ketidakseimbangan hormon estrogen. Hormon estrogen ini berfungsi mengendalikan siklus menstruasi.

Di samping itu, ada beberapa penyebab lainnya yang membuat siklus menstruasimu berubah menjadi pendek, yakni stres, olahraga berlebihan, perubahan pada pola makan, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga mengidap penyakit tertentu.

Untuk mengetahui penjelasan tentang penyebab siklus menstruasi yang pendek, simak informasi di bawah ini, ya!

1 Stres

Stres merupakan hal yang sulit sekali untuk dihindari, sebab pemicu stres ini tak lain berasal dari kegiatan yang kamu lakukan setiap hari. Namun, tahukah kamu bahwa stres ini bisa membuat siklus menstruasi berubah menjadi pendek?

Hal ini terjadi karena stres berpengaruh terhadap kemampuan tubuh dalam memproduksi hormon.

2 Olahraga berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, olahraga ini tidak baik apabila dilakukan secara berlebihan. Selain membuat tenaga terkuras habis-habisan sehingga kamu menjadi lemah, olahraga berlebihan ini bisa membuat siklus menstruasi menjadi pendek.

Ketika kamu olahraga berlebihan, jumlah kalori yang terbakar juga tergolong tidak normal. Hal ini memicu kadar hormon yang ada di dalam tubuh, dan berakibat pada pendeknya siklus menstruasi.

3 Perubahan pola makan

Perubahan pola makan seseorang juga bisa memicu terjadinya siklus menstruasi yang pendek.

Seperti misalnya, jumlah kalori yang kamu konsumsi saat ini lebih sedikit dari biasanya, maka hormon di dalam tubuh juga ikut terpengaruh dan perubahan yang terjadi secara tiba-tiba inilah yang membuat siklus menstruasi ikut berubah menjadi lebih pendek.

4 Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga disebut-sebut dapat memengaruhi siklus menstruasi seseorang.

Obat-obatan yang bisa membuat siklus menstruasi berubah menjadi pendek ini adalah obat-obatan yang berkaitan dengan hormon, obat yang sifatnya keras, serta obat yang dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama.

5 Mengidap penyakit tertentu

Bukan hanya dari perubahan pola hidup saja, ketika seseorang mengidap penyakit seperti kista ovarium, polycystic ovary syndrome (PCOS), dan gangguan tiroid maka siklus menstruasinya akan memendek.

Itulah penyebab di balik pendeknya siklus menstruasi perempuan. Apabila siklus menstruasimu memendek secara tiba-tiba, perhatikan apakah ada perubahan dalam pola hidupmu, apabila tidak segera lakukan konsultasi dengan dokter.

(Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *