5 Kesalahan dalam Mempersiapkan Budget untuk Traveling, Hindari!

LIFESTYLE154 views

Bekasi – Melakukan traveling tentunya harus diikuti dengan persiapan yang matang. Persiapan tersebut bukan hanya sebatas mengenai pemilihan destinasi wisata saja, tapi juga ada hal lain yang tak kalah penting. Salah satunya adalah mengenai budgeting yang perlu dipertimbangkan.

Proses budgeting yang dilakukan tentu harus berjalan dengan matang, sehingga segala sesuatunya sesuai dengan harapan. Namun, tak sedikit orang melakukan lima kesalahan berikut ini pada saat merencanakan budgeting untuk liburan.

1. Tidak berusaha mencari opsi harga yang lebih terjangkau

Merencanakan budgeting biasanya termasuk dengan mempertimbangkan harga pesawat, hotel, destinasi wisata, transportasi selama di sana, dan masih banyak lagi. Semuanya memang harus benar-benar dipikirkan dengan cermat, sehingga tidak sampai ada yang ketinggalan.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah pada saat kamu tak berusaha mencari opsi harga yang lebih terjangkau. Dampaknya membuat bujet yang dibutuhkan jadi terlalu banyak, sehingga cukup menguras kantong dalam. Oleh sebab itu, cermatlah dalam mencari opsi harga yang sekiranya lebih terjangkau.

2. Terlalu fleksibel tanpa perhitungan

Ada orang-orang yang memang sangat cermat saat merencanakan bujet untuk liburan. Namun, tak sedikit pula orang yang justru terkesan cuek dalam melakukan hal tersebut. Biasanya orang-orang yang cuek akan terkesan fleksibel dalam mengatur perencanaan liburannya.

Sayangnya, bersikap fleksibel tanpa perhitungan juga bisa membawa dampak yang berbahaya. Bukan tak mungkin jika bujet yang dimiliki pun jadi terkuras, karena tidak berlandaskan perencanaan yang matang.

3. Tidak menyiapkan dana darurat

Keberadaan dana darurat untuk liburan menjadi satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana pun juga persiapan atas hal-hal yang tidak diinginkan harus tetap dimiliki. Tidak heran jika memang sebaiknya menyiapkan dana darurat sebelum liburan.

Dana darurat ini semestinya sudah termasuk pada proses budgeting yang akan dilakukan. Meski penting, tapi tidak sedikit orang yang menyepelekan keberadaan dana darurat. Dampaknya tentu akan cukup merepotkan apabila tidak memiliki persiapan tersebut.

4. Terlalu impulsif hingga konsumtif

Kesalahan utama yang sering sekali dilakukan oleh banyak traveler adalah bersikap konsumtif. Memang terkadang sulit untuk mengontrol diri pada saat berbelanja, namun sebaiknya harus memiliki batasan yang jelas.

Batasan tersebut berkaitan dengan rencana budgeting khusus untuk berbelanja. Dengan rencana budgeting yang matang, maka kamu dapat menghindar dari sikap impulsif. Jangan sampai kebiasaan konsumtif tersebut justru menguras isi kantong secara berlebihan

5. Terlalu perhitungan pada diri sendiri

Memang dalam melakukan traveling disarankan untuk bijak dalam mengelola budget. Namun, bukan berarti kamu harus pelit dan perhitungan pada diri sendiri. Apalagi jika sampai memotong bujet untuk makan sehari-hari selama traveling.

Tentunya kamu juga harus menikmati proses traveling dengan menyenangkan, sehingga jangan sampai menyiksa diri sendiri. Oleh sebab itu, buatlah rencana budgeting yang tidak sampai membuat liburanmu menjadi tak nyaman.

Persiapan mengenai budgeting untuk traveling memang tak kalah penting. Segala sesuatunya harus diperhitungkan agar tidak sampai kekurangan atau pun terlalu boros selama liburan. Buatlah rencana budgeting sebijak mungkin, ya!

(Jefri Chandra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *