6 Tanda Kolesterol Tinggi Dilihat dari Kondisi Jari Kaki, Bunda Perlu Tahu

LIFESTYLE101 views

Bekasi – Kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang umumnya bisa diketahui melalui tes darah, Bunda. Namun di sisi lain, seorang ahli medis sekaligus konsultan ahli jantung di Harley Street Clinic, mengatakan bahwa tanda kolesterol yang tinggi bisa juga terlihat pada kuku jari kaki.

Ia adalah Dr Sami Firoozi. Menurut pengakuan yang ia sampaikan, ada dua tanda peringatan komplikasi kolesterol yang bisa terlihat pada kuku jari kaki. Tandanya yakni kuku kaki yang rapuh dan kuku kaki yang tumbuh sangat lambat.

Diketahui, kondisi tersebut terjadi saat terlalu banyak kolesterol dan zat berlemak yang ada di dalam aliran darah. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi secara konsisten bisa memicu seseorang mengalami risiko penyakit udara perifer (PAD).

Ini terjadi saat timbunan lemak yang terbentuk dari kolesterol yang menumpuk dan menyumbat arteri, serta menghentikan suplai darah ke otot kaki. Kondisi PAD inilah yang dapat menyebabkan tanda-tanda kolesterol tinggi pada kuku kaki.

“Meskipun PAD tidak langsung mengancam nyawa, proses aterosklerosis yang menyebabkannya terkadang dapat menyebabkan masalah serius dan fatal,” kata Dr Sami Firoozi, dikutip dari¬†Mirror UK.

“Seperti iskemia ekstremitas kritis yang terjadi jika aliran darah ke kaki menjadi sangat terbatas,” lanjutnya.

Selain pada kuku, tanda lain pada kondisi PAD, seperti:

  1. Nyeri hebat seperti terbakar di tungkai dan kaki bahkan saat istirahat
  2. Kulit menjadi pucat, mengkilat, halus dan kering
  3. Hilangnya massa otot di tungkai
  4. Luka terbuka di kaki dan tungkai yang tidak kunjung sembuh
  5. Kulit jari kaki menjadi dingin, mati rasa dan berwarna merah
  6. Kulit jari mulai membengkak dan mengeluarkan nanah berbau

(Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *