Jumlah Pemasangan APK Wapres, Cawapres Dan Caleg Dibatasi, Mau Tahu Jumlahnya?

BERITA, POLITIK110 views

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) bersama Bawaslu dan Unsur Peserta Pemilu 2019 yang ada di Kabupaten Bekasi berkumpul dalam rangka pembagian Alat Peraga Kampanye (APK) baik untuk partai politik maupun pasangan capres dan cawapres.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin mengatakan bahwa agenda kegiatan hari ini yang berlangsung tadi bersama Bawaslu dan Unsur Parpol peserta 2019 dalam membagikan APK.

“Alat Peraga Kampanye (APK) partai di fasilitasi KPU, anggaranya berasal dari APBN untuk baliho sebanyak 10 pcs, spanduk 16 pcs, sedangkan untuk DPD Ri hanya spanduk saja 6 pcs.” Ujarnya kepada NewsBekasi.Id, Senin (26/11)

Menurut Jajang, ini merupakan tahapan dari tugas KPU dimana di perbolehkan memfasilitasi alat peraga kampanye (APK) kepada para peserta pemilu. Sementara partai atau peserta pemilu tim kampaye capres atau cawapres dan DPD Ri, dapat mencetak sendiri di luar fasilitas APK dari KPU baik yang dengan desain yang sama maupun desain yang berbeda.

“Untuk jumlah dimana per desa 5 baliho, spanduk 5 per desa,  untuk bilboard 2 per Kab. Yang jelas seperti itu,” kata dia

Kalau mereka memang mau memanfaatkannya ada di aturan PKPU 23 dan keputusan peraturan KPU No 1096, dimana ada klausul bahwa peserta pemilu dapat membuat APK tambahan yang sama desain nya dengan KPU atau pun berbeda dan untuk yang caleg kita pahami dengan desain yang berbeda dan jumlahnya tetap di batasi,” lanjutnya

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Syaiful Bachri mengingatkan agar peserta Pemilu 2019 tidak memasang APK sembarangan. Karena pihaknya bersama Satpol PP akan menertibkan APK yang melanggar.

“Kami menitik beratkan pada lokasi pemasangan APK. Kami juga mengingatkan kembali ke peserta agar memasang APK sesuai yang sudah ditentukan,” katanya.

Karena lanjut Syaiful, sekitar dua bulan kampanye Pilpres 2019 yang sudah berjalan, ditemukan banyak pelanggaran terkait APK.

“Hari Kamis (29/11/2018) kita bersama Satpol PP akan melakukan penertiban. Jadi kami mengingatkan kembali ke peserta Pemilu agar memasang APK di tempat yang sudah diatur,” katanya. (dej)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *