Pertukaran Pelajar Isro Umarghani

Wawali Kota Bontang: Keteladanan Orang Tua Metode Efektif Pengembangan Pendidikan Karakter Anak

Published On August 10, 2015 | By Redaktur Buana FM | Berita, Berita Bontang, Berita Pendidikan

BONTANG (BUANA News) — Keteladanan orang tua merupakan salah satu metode paling efektif dalam pengembangan pendidikan karakter di lingkungan keluarga, kata Wakil Wali Kota Bontang Isro Umarghani, dikutip Antara, Senin (10/8).

Menurut Isro, pendidikan karakter tidak bisa diajarkan melalui doktrin dan orang tua sebagai figur utama di lingkungan keluarga seharusnya selalu memiliki waktu lebih banyak untuk bergaul dengan anak, mengingat sikap dan tingkah laku orang tua lebih mudah melekat dalam diri anak.

“Pendidikan karakter sesungguhnya sudah selayaknya tertanam pada diri anak mulai saat sang anak masih berada dalam kandungan sang ibu,” kata wawali, baru-baru ini

Ia menjelaskan bahwa keimanan, ketaqwaan, moralitas, spiritual, mentalitas, sosial dan budaya kedua orang tua juga akan membentuk karakter yang baik pada anak.

“Ketika sang anak lahir, tumbuh dan berkembang, maka karakter anak mulai tampak. Anak mulai dapat mencermati seperti apa karakter orang tuanya. Berdasarkan keteladanan sikap dan tingkah laku ini, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang unik,” urai dia.

Di samping itu, lanjut Isro, anak juga akan bersosialisasi dengan lingkungannnya secara langsung dan tidak langsung. Sesuai dengan perkembangan dan kematangan karakternya, anak akan cenderung meniru lingkungannya tersebut.

“Misalnya tokoh-tokoh tertentu yang menarik perhatian mereka. Penanaman karakter yang baik sejak dini di lingkungan keluarga akan memperkokoh karakter anak, meskipun mereka telah meniru dan mencontoh karakter tokoh idolanya tersebut,” tambahnya.

Namun, dalam praktiknya sering timbul permasalahan karena kadang-kadang sebagai orang tua dan pendidik profesional, mereka menjadi lalai dalam bersikap dan bertingkah laku di depan anak. ((ling/buana)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *