kebakaran-hutan

Polres Bontang Siap Bantu BPBD Padamkan Kebakaran Hutan

Published On September 15, 2015 | By Redaktur Buana FM | Berita, Berita Bontang

BONTANG (BUANA News) —  Jajaran Kepolisian Resor Bontang siap menerjunkan personelnya untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah memadamkan kebakaran yang telah melanda lahan sekitar 64 hektare di kawasan hutan lindung daerah setempat.

Kapolres Bontang AKBP Hendra Kurniawan yang dikonfirasi melalui Kabag Humas Aiptu Kalvin di Bontang, Selasa, mengatakan sedikitnya 70 personel dari Pasukan Satuan Anti Huru-Hara setiap siap terjun ke lapangan mengatasi masalah kebakaran lahan yang terjadi akhir-akhir ini.

“Hingga kini kami belum menerima pengaduan dari BPBD, sehingga belum bertindak. Prosedurnya memang seperti itu,” katanya, Selasa (15/9) dikutip Antara.

Selain membantu memadamkan kebakaran, lanjut Kalvin, Polres Bontang juga siap melakukan penyelidikan terkait penyebab terjadinya kebakaran. Dugaan sementara, kebakaran akibat ulah sejumlah warga yang sengaja membakar untuk membuka lahan baru, selain juga ada unsur kelalaian pemilik lahan saat membakar sampah.

“Polisi akan membantu menyelidiki dan mengusut penyebab kebakaran lahan hutan tersebut,” tambahnya.

Menurut ia, seharusnya instansi terkait dapat berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatasi masalah ini, sehingga kejadian pembalakan liar oleh oknum warga dapat dicegah.

Selain melakukan sosialisasi kepada masyarkat terkait dampak bahaya dari pembakaran lahan, Pemkot Bontang juga harus menerapkan sanksi kepada warga yang melanggar aturan.

Tidak hanya merusak ekosistem yang ada di hutan lindung, kebakaran lahan itu juga menyebabkan polusi asap yang merugikan masyarakat luas.

“Sebaiknya Badan Lingkungan Hidup serta Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan selaku instansi yang membawahi kehutanan di daerah secara rutin melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Dalam hal ini, Polres dapat menegaskan ancaman bagi pelaku pembakaran lahan,” kata Kalvin. (ling/buana)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *