IMG_20150823_152819

Kebanggan tersendiri Menjadi Paskibraka Bontang 2015

Published On August 27, 2015 | By Redaktur Buana FM | Berita, Komunitas Bontang

BONTANG (BUANA News) — Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Bontang sukses mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara hari kemerdekaan ke-70 Indonesia di Lapangan Mulawarman PKT , Senin 17 Agustus 2015. Pasukan yang bertugas itu berasal dari Pasukan Delapan Pagi.

Pasukan Delapan Pagi adalah Irfan Fadli, Purwanto dan Rahadi. Bertugas sebagai Pengibar bendera Merah Putih mengaku memiliki Kebanggaan tersendiri sukses mengibarkan sang merah putih. Hal tersebut disampaikan Irfan, Purwanto dan Rahadi Pada Radio Buana dalam Program Komunitas Bontang (Kombo) pada Pukul 15.30 di Studio Buana (23/8).

“Iya ada rasa grogi sekaligus kebanggan tesendiri mengibarkan sang merah putih didepan Para Pejabat, Kedua Orang Tua dan orang banyak. Awal latihan kami memang bersakit-sakit dahulu, lalu bersenang-senang kemudian,” Ujar Rahadi

Tidak semua orang bisa menjadi bagian dari pasukan itu. Sebab, menjadi anggota Paskibraka dibutuhkan kesiapan fisik dan mental. Harus melalui Proses Seleksi, Tampil dan dipercaya menjadi Paskibraka, mereka harus melalui  pelatihan selama satu bulan penuh. Seperti yang dialami Irfan, Purwanto dan Rahadi.

“Tahap seleksi dilaksanakan disekolah dengan mengukur tinggi dan berat badan calon paskibra, Tahap kedua test seni budaya, pengetahuan umum, bahasa inggiris, wawancara, parade (melihat postur tubuh)”, Jelas Irfan

Sebelum memasuki karantina Pelatihan dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan latihan pukul 07.00 hingga dan latihan disore hari, proses pengenalan, pembentukan mental, pelatihan baris-berbaris (PBB). Rahardi mengatakan Awalnya kami mengalami kesulitan yang kadang kami hadapi yaitu menyesuaikan tempo dengan rekan paskibra lainnya, namun setelah melakukan evaluasi dan latihan secara rutin. Akhirnya kami bisa menyamakan tempo. Kesalahan acap kali terjadi pada saat latihan, seperti ketika pelakukan penurunan bendera, hingga tali bendera terlilit.

Tanggal 16 agustus dimalam hari, kami merasa cemas bahkan was-was untuk menenangkan diri dimalam hari kami sholat malam lebih banyak berdo’a, agar diseok hari pada saat pengibaran bendera kami berhasil.

Beberapa tips agar lulus seleksi paskibraka :

  1. Niat yang baik
  2. Sehat
  3. Memiliki fisik yang kuat
  4. Memiliki pengetahuan dasar tentang baris-berbaris
  5. Memiliki tinggi dan berat badan yang ideal

Keuntungan mengikuti paskibraka pertama ini merupakan kebanggaan tersendiri baik untuk kedua orang tua maupun untuk diri sendiri, kedua untuk memperbaiki fisik dan mental, ketiga dapat membentuk karakter yang baik seperti kedisiplinan.

Seteleh mengibarkan bendera kami berstatus Purna Pakibraka yang tergabung dalam persatuan Purna Paskibra Indonesia (PPI). Satu tahun kedepan kami memiliki ikatan dinas, untuk mengibarkan bendera merah putih pada hari peringatan pancasila dan lain-lain selama tahun 2015. (if/buana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *