jusuf-kalla-

JK: Salah Ambil Kebijakan Moneter, Dampaknya Lebih Bahaya Dari Korupsi

Published On August 12, 2015 | By Redaktur Buana FM | Berita, Berita Ekonomi, Berita Polhukam

JAKARTA (BUANA News) — Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan jangan salah mengambil kebijakan moneter sebab bisa menyebabkan keruntuhan perekonomian negara.

“Sebenarnya, penyakit terbesar yang menjatuhkan banyak negara adalah salah mengambil kebijakan moneter. Itu yang terbesar dalam banyak kegiatan selama sejarah di dunia ini,” kata Wapres saat menghadiri perayaan 20 tahun INDEF di Jakarta, Rabu malam (12/8) dikutip Antara.

Wapres menilai banyak pihak selama ini keliru menganggap penyebab terbesar kerugian sebuah negara adalah korupsi. Padahal, sesungguhnya kesalahan penentuan kebijakan menjadi penyebab utama runtuhnya perekonomian suatu negara.

“Korupsi memang sangat berbahaya, tetapi lebih berbahaya lagi apabila ada kebijakan ekonomi yang keliru, khususnya kebijakan moneter yang berdampak panjang pada negara tersebut,” kata Jusuf Kalla.

Oleh karena itu, Wapres meminta kepada seluruh jajaran pengambil kebijakan untuk tidak salah langkah dalam menentukan kebijakan bagi arah pembangunan perekonomian bangsa.

Dia mengingatkan supaya jangan kembali membuat kesalahan sama seperti yang terjadi pada krisis tahun 1998.

“Yang paling penting adalah jangan kita membuat kesalahan yang sama dalam mengatasi masalah-masalah perekonomian, harus belajar dari yang dulu,” kata dia.

Wapres juga mengingatkan supaya setiap kebijakan perekonomian yang diambil harus didasarkan pada situasi dan kondisi yang sedang terjadi di masyarakat.

“Kita harus mengambil kebijakan sesuai dengan kondisi yang ada dan juga prinsip-prinsip negara kita,” ujarnya.(ling/buana)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *