Hasyim Muzadi

Anggota Watimpres Ini Sentil Bagi-Bagi Kekuasaan di Kabinet

Published On February 10, 2016 | By Redaktur Buana FM | Berita Polhukam

JAKARTA (Buana News) — Anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi mengingatkan para menteri Kabinet Kerja agar benar-benar bersih dari korupsi. Selain itu syarat kompetensi dan loyalitas kepada presiden harus jelas.

“Kalau pemerintah ingin meningkatkan wibawanya di muka rakyat, maka kabinet  harus benar-benar bersih hari korupsi, terindikasi korupsi , atau tercium bau-bau korupsi dan manipulasi,” kata Kiai Hasyim dalam keterangan tertulis yang diterima Radio Buana, 101.5 FM, Rabu (10/2).

Menurut Kiai Hasyim saat ini yang terjadi adalah kabinet presidensil rasa parlementer. “Partai-partai perlu tetap diberi porsi agar tidak gaduh sekalipun sesungguhnya pemberian kavling itu bukan amanat Undang-Undang Dasar,” kritiknya.

Ia mengingatkan jika kabinet yang bersih tidak tercapai, maka internal kabinet sendiri akan banyak grup-grup tanpa sepengetahuan presiden. “Akhirnya kepercayaan rakyat tidak akan kunjung membaik,” ujar dia.

Kiai Hasyim mengingatkan bahwa pertama kali yang mendeklarasikan gerakan moral antikorupsi adalah NU dan Muhammadiyah. “Baru setahun kemudian lahir KPK,” papar dia.

Oleh karenanya NU dan Muhammadiyah tidak boleh luntur semangat antikorupsinya. “Apalagi kalau sampai dipakai oleh oknum yang tidak bertanggungjawab guna melindungi korupsi karena saya yakin umat NU dan Muhammadiyah tidak bakal melindungi koruptor,” tegasnya.  (ling/buana)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *