p01-hs-jokowi---leo

Jokowi Dijadwalkan ke AS Hadiri ASEAN-AS Summit

Published On February 14, 2016 | By Redaktur Buana FM | Berita, Berita Nasional

JAKARTA (Buana News) — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri acara AS-ASEAN Summit pada 15-16 Februari 2016.

Dikutip dari Antara, Ahad (14/2), Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan bertolak dari Bandar Udara Halim Perdanakusumah Jakarta, Minggu, sekitar pukul 08.35 WIB.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi akan menghadiri acara yang dituanrumahi oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Akhir tahun 2015, sesuai keterangan Sekretaris Presiden AS melalui laman resminya whitehouse.gov menjelaskan Presiden Obama mengumumkan di Kuala Lumpur, Malaysia, bahwa ia akan menjadi tuan rumah bagi acara berkumpulnya para pemimpin negara-negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Pertemuan itu dijadwalkan akan berlangsung di Sunnylands di Rancho Mirage, California, pada 15-16 Februari 2016.

Pertemuan yang untuk pertama kalinya dituanrumahi oleh Amerika Serikat itu bertujuan untuk membangun kemitraan yang lebih erat.

Hubungan AS-ASEAN telah dirintis sejak 2009 dan selanjutnya akan diperdalam sebagai upaya menyeimbangkan kembali potensi kekuatan dan administrasi di kawasan Asia Pasifik.

Selama hampir 40 tahun, AS dan ASEAN telah bekerja sama membangun stabilitas, kesejahteraan, dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.

Pertemuan itu akan menjadi forum bagi para pemimpin untuk memperkuat kerja sama di bawah payung kemitraan strategis AS-ASEAN yang diluncurkan pada November 2015 di Kuala Lumpur yang fokus pada isu-isu politik, keamanan, dan ekonomi.(antara/ling/buana)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *