Masjid-natuna

MTQ Nasional Bakal digelar Agustus Mendatang di Mataram

Published On July 19, 2016 | By Redaktur Buana FM | Berita, Berita Nasional

JAKARTA (Buana News) — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 akan digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 30 Juli-6 Agustus mendatang.

Rektor Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Prof Dr Nasaruddin Umar menilai, MTQ sangat bermanfaat bagi masyarakat Muslim di Indonesia karena mampu memotivasi untuk mencintai dan mempelajari Alquran. ”Dampak MTQ luar biasa,” ujar Nasaruddin Umar dilansir Republika, Ahad (17/7).

Selain itu, menurut Nasaruddin, MTQ juga merupakan gelaran yang sangat ditunggu masyarakat, khususnya di daerah. Di daerah, menurutnya, MTQ merupakan kegiatan tahunan yang paling meriah. ”Semarak MTQ terasa dari tingkat perdesaan hingga nasional,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, ini.

Berkat MTQ pula, menurut dia, upaya pembibitan penghafal Alquran dan qari ataupun qariah muncul di mana-mana, bahkan hingga tingkat RT. Karena itu, ia berharap, MTQ bisa terus diselenggarakan dari tahun ke tahun.

Ia mengatakan, pernah ada sebagian masyarakat yang mewacanakan agar MTQ ditiadakan. ”Jangan dilihat ini mubazir, nggak ada gunanya. Orang yang mengatakan itu bukan orang lapangan,” ujarnya. Ia khawatir, jika MTQ ditiadakan, semangat membaca Alquran akan surut.

Mengenai MTQ Nasional tahun ini, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Muhtar Ali mengatakan, kegiatan ini sudah siap dilaksanakan. Persiapannya, kata dia, sudah mendekati akhir. “Dari sisi kesiapan sarana 90 persen siap,” ujar Muhtar

Dari sisi kepesertaan, juga sudah terdokumentasikan. Meski demikian, masih akan dilakukan verifikasi ulang peserta untuk disahkan pada 20 Juli ini.

Dia menerangkan, peserta yang telah terdokumentasi berjumlah lebih dari 1.300 orang. Nantinya, yang akan disahkan setelah proses verifikasi sekitar 1.200 peserta.

Untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan MTQ, lanjut Muhtar, pihaknya akan melakukan pengecekan akhir pada pengujung pekan ini.

Demi memeriahkan pelaksanaan MTQ Nasional di Lombok, ia menilai, pengerahan massa sangat penting. Karena itu, ia berharap akan ada banyak relawan yang ikut menyemarakkan MTQ Nasional kali ini.

(republika/if/buana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *