nelayan-tangkap-ikan

Ombak Besar, Nelayan Tetap Melaut

Published On May 6, 2016 | By Redaktur Buana FM | Berita, Berita Nasional

PEKALONGAN (Buana News) — Nelayan Pekalongan, Jawa Tengah, tetap melaut meski kondisi di perairan Laut Jawa ombak cukup besar, kata Kepala Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setempat Kasim Sumadi.

“Saat ini sebagian kapal nelayan jenis ‘Arek-Arek’ maupun kapal berbobot di atas 30 gross ton sudah berangkat melaut setelah beberapa hari sebelumnya membongkar hasil tangkapannya,” katanya di Pekalongan, Kamis.
Ia mengatakan kapal nelayan “Arek-Arek” ini sebagian besar hanya mencari ikan di sekitar kawasan Karimunjawa atau 160 mil dari pantai sedang kapal berbobot di atas 30 GT melaut hingga sejumlah kepulauan di Indonesia.

“Untuk kapal jenis pursesaine akan mencari ikan hingga Makassar, Kalimantan, Maluku, hingga Papua. Kapal nelayan ini akan melaut hingga sekitar 2,5 bulan,” katanya.

Menurut dia, aktivitas lelang ikan di TPI juga tetap ramai karena produksi hasil tangkapan ikan nelayan relatif melimpah.

Pada Kamis (5/4) ini, kata dia, sebanyak tujuh kapal terdiri atas empat kapal “Arek-Arek”, dua kapal “Grandong”, dan satu kapal Fisher sudah memongkar hasil tangkapan ikannya.

“Berdasar data hasil lelang di TPI, Kamis (4/5), produksi ikan mencapai 35 ton atau senilai Rp500 juta. Melimpahnya pasokan ikan juga menyebabkan harga ikan tetap stabil,” katanya.

Ia menambahkan dengan hasil tangkapan ikan kapal nelayan yang selalu melimpah, TPI optimistis target pendapatan asli daerah (PAD) 2016 dari sektor perikanan Rp4,9 miliar akan terlampaui.

(antarajateng/if/buana)

Download aplikasi buana di Playstore anda, dengan Klik Link  ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.radio.buana

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *