bumi

Tagar #AleppoIsBurning Terus Menyeruak di Sosmed

Published On May 12, 2016 | By Redaktur Buana FM | Berita, Berita Mancanegara

ALEPPO (Buana News) — Tagar #AleppoIsBurning tiba-tiba menyeruak di banyak sudut linimasa media sosial. Halaman muka profil Facebook jutaan orang di dunia pun kompak mengubah gambarnya menjadi warna merah polos. Sebuah warna yang menyiratkan duka dan keprihatinan mendalam. Duka atas serangan udara yang dilakukan rezim pemerintah Suriah di Aleppo.

Apa sesungguhnya yang sedang terjadi di Aleppo hari ini? Mengapa dunia begitu mengecam serangan berdarah di Aleppo ini?

Sampai dengan hari ini, sudah lebih dari 10 hari serangan berdarah rezim pimpinan Bashar al Assad menggempur warga sipilnya sendiri di Provinsi Aleppo. Konflik di Aleppo menjadi puncak dari tindakan barbar yang dilakukan rezim pemerintahan Assad atas warganya sendiri. Dengan dalih melawan gelombang pasukan oposisi yang menentang pemerintah, jet tempur di bawah kendali Assad melontarkan bom udaranya tepat di atas fasilitas publik. Ledakan paling fatal menghantam fasilitas medis Al Quds di Aleppo, sebuah rumah sakit spesialis penyakit anak-anak.

Serangan fatal jet tempur Russia di pagi buta ini pun telah menjadi satu dari sekian banyak kejahatan kemanusiaan paling keji yang dilakukan oleh Assad terhadap negerinya sendiri. Menargetkan serangan pada fasilitas publik adalah kejahatan perang paling sadis. Kabar terakhir yang dikutip dari sumber Al Jazeera, Syrian Observatory for Human Rights, dalam 10 hari terakhir serangan di Aleppo sudah membunuh sedikitnya 253 warga sipil. 49 jiwa di antaranya adalah anak kecil. Mereka, anak-anak Aleppo kebanyakan tewas karena percikan bom barrel rezim Assad yang tega menembus tubuh mungil tak bersalah. Tak sedikit pula tubuh kecil yang terjebak dalam darurat perang itu tewas karena tertimbun reruntuhan bangunan, imbas dari ledakan bom jet tempur Assad.

Mengutip lagi dari Al Jazeera, sampai hari ini pasukan militer pemerintah Assad sudah menjatuhkan bom barrel di banyak lokasi sekaligus di Aleppo. Meliputi kawasan Hritan, Kafr Dael, Bab al-Haded dan Kastelo. Media lokal di Suriah yang pro terhadap pemerintahan Assad mengatakan, serangan di Aleppo selama 10 hari terakhir dilakukan untuk memotong jalur distribusi pemberontak sipil yang berada di dekat perbatasan Turki.

Walau Assad berdalih demikian, namun terbukti serangan mematikan rezim pemerintah malah menargetkan banyak fasilitas sipil. Publik dunia pun menduga ada upaya Assad untuk melakukan genosida atau pembunuhan massal bagi ribuan penduduk sipil Aleppo.

(act/if/buana)

Download aplikasi buana di Playstore anda, dengan Klik Link  ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.radio.buana

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *