Museum_Mulawarman

Pengelolaan Museum di Kaltim Dinilai Memprihatinkan

Published On March 28, 2016 | By Redaktur Buana FM | Berita Kaltim

SAMARINDA (Buana News) —  Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Zain Taufik Nurrohman menyebut saat ini kondisi museum di Kalimantan Timur (Kaltim) sangat memprihatinkan.

Zain menilai pengembangan museum di Kaltim masih belum maksimal baik dari koleksi maupun pengelolaan. Padahal, kata dia, Kaltim memiliki beberapa museum sebagai objek wisata sejarah yang tersebar di berbagai daerah.  Di antaranya di Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser, Berau dan Kutai Timur.

“Memang seharusnya museum-museum di Kaltim perlu dukungan anggaran dan pengelolaan yang baik, dan semua itu merupakan pekerjaan rumah bagi kita yang wajib dibenahi dan selesaikan,” ucap Zain seperti dikutip dari Antara, Senin (28/3).

Terkait lemahnya perhatian pemerintah terhadap museum, Politikus PAN tersebut mengaku sangat menyayangkan. Sebab Kaltim sejatinya memiliki nilai sejarah dan budaya yang begitu besar. Apalagi Kerajaan Kutai yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia.

Sayangnya, kebudayaan dan sejarah yang besar itu tak banyak diketahui oleh generasi muda masyarkat Kaltim. Era modernisasi seolah menutup mata masyarakat, bahwa di Tanah Borneo pernah pernah memiliki sejarah dan kejayaan di masa lalu.

“Peran museumlah dalam hal ini yang memberikan kontribusi penting dalam menjaga warisan sejarah agar tak mudah dilupakan,” katanya. (antara/fhr/buana)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *