dana desa

Ini Alasan Enam Desa di Kutai Kartanegara tak Gunakan Dana Desa

Published On February 23, 2016 | By Redaktur Buana FM | Berita Kaltim

KUTAI (Buana News) — Dana Desa yang diturunkan ternyata tidak dimaksimalkan penggunaannya di enam desa di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dana dari anggaran 2015 pemerintah pusat itu diketahui masih masih mengendap.Satuan Kerja Khusus Pembinaan dan Pengendalian Implementasi UU Desa, Syafruddin mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa enam desa ini tidak memanfaatkan dana desa.

Pertama adalah karena santernya isu mengenai dana desa yang rawan diselewengkan, sehingga mereka takut menggunakan untuk menghindari masalah.

Alasan kedua adalah karena adanya regulasi yang saat itu berubah-ubah, ditambah dengan lambatnya pencairan dana desa yang sampai Oktober 2015.

Adapun alasan ketiga, lanjutnya, karena adanya alokasi dana desa dari kabupaten setempat, sehingga aparatur desa khawatir tidak bisa menyelesaikan dua anggaran secara bersamaan dengan pertanggungjawaban yang berbeda.

“Sehingga mereka lebih memilih memanfaatkan dana desa dari pemkab yang nilainya sekitar Rp 2 miliar per desa,” ujar Syafruddin di Kota Bangun, Kutai Kartanetara, seperti dikutip dari Antara Selasa (23/2).

Syafruddin melanjutkan enam desa yang tidak memanfaatkan dana desa itu, masing-masing Desa Loa Raya, Kecamatan Tenggarong Seberang, yang mendapat alokasi Rp266,88 juta, kemudian Desa Tanjung Batu yang juga di Kecamatan Tenggarong Seberang dengan anggaran Rp268,85 juta.

Selanjutnya, Desa Lamin Telihan di Kecamatan Kenohan yang mendapatkan Rp284,5 juta, Desa Lamin Pulut Rp272,45 juta, Desa Bandang Raya (Kecamatan Tenggarong) Rp273 juta, dan Desa Muara Kebaq yang mendapatkan Rp270,99 juta.

“Di Kabupaten Kutai Kartenegara terdapat 193 desa yang tersebar di 18 kecamatan. Dengan adanya enam desa yang tidak memanfaatkan dana desa, berarti selebihnya yang mencapai 187 desa atau lebih dari 90 persen sudah memanfaatkan dana tersebut,” katanya.(antara/fhr/buana)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *