pemilihpemula

3.057 Anak Muda Harus Cerdas Memilih Calon Bupati Kutim

Published On December 2, 2015 | By Redaktur Buana FM | Berita, Berita Kutim

KUTAI TIMUR (BUANA News) — Jika pemilih pemula bisa menggunakan hak politiknya dengan baik, tentu memberikan kontribusi positif pada perkembangan demokrasi Indonesia. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Kutai Timur Sayuti Ibrahim yang menegaskan peran penting pemilih pemula jelang Pilkada Serentak 9 Desember mendatang.

Bersumber dari KPU Kutim, jumlah pemilih pemula sebanyak 3.057 pemilih. Angka itu terbagi antara 1.519 laki-laki dan 1.538 perempuan. Adapun pemilih yang masuk kategori ini mereka warga Negara Indonesia yang telah mencapai usia 17 tahun, dengan memiliki KTP atau surat identitas lainnya. Mereka yang akan mengikuti Pilkada 2015 sebagai pengalaman pertama memilih juga termasuk dalam pemilih pemula.

“Ini saatnya pemilih pemula memanfaatkan secara tepat hak politiknya. Ketika kesadaran untuk memilih sudah terbangun, pemilih pemula sudah masuk kategori pemilih cerdas,” ujar Ute, sapaan akrabnya, usai Rapat Pleno Penetapan DPT Pilkada Kutim 2015, Senin (30/11).

Ia mengatakan, para pemilih pemula harus cerdas dalam melihat visi-misi pasangan calon. Tidak jatuh begitu saja pada janji kampanye yang dinilai tidak realistis. Bahkan terpengaruh pada politik uang yang menodai semangat demokrasi.

“Pemilih pemula rentan pada pilihan pragmatis maupun ikut-ikutan. Sementara dalam menentukan pilihan, harus sesuai dengan hati nurani ketika melihat visi-misi dan ketokohan calon kepala daerah,” papar pria yang lama bergelut di dunia jurnalistik itu.

Ia menilai, pemilih pemula yang mayoritas diisi oleh anak muda bisa membangun kelompok-kelompok pro demokrasi. Dari kelompok-kelompok tersebut, lanjutnya, dapat menyebarkan pengaruh positif baik bagi rekannya maupun masyarakat luas dalam kontestasi Pilkada Kutim 2015. (kliksangatta/if/buana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *